Cara Apply Visa Jepang

Sebagai pemegang passport Indonesia, untuk mengunjungi Jepang maka akan membutuhkan visa, walaupun sekarang bisa juga mengunjungi Jepang dengan bermodalkan E-Passport. Tapi sekarang saya akan fokus untuk menceritakan proses apply Visa Jepang menggunakan ordinary passport.

Lokasi apply : Makati, Philippines

Tanggal apply : 22 Juni  2018

Tanggal berangkat : 31 Juli 2018 – 7 Agustus  2018

Apply melalui : Travel Agent

Dana tabungan : Skitar 50 Juta

Syarat apply Visa :

  • Apply minimal 3 bulan sebelum tanggal berangkat
  • Isi aplikasi visa
  • Passport asli
  • Pas foto ukuran
  • Certificate of Employment (CoE)
  • Bank Statement
  • Alien Employment Card (AEP/ Blue Card)
  • I-card
  • ITR (Income Tax Return)
  • Itinerary
  • Bayar biaya visa + biaya agen

Pada saat saya apply visa ini, lokasi saya sedang bekerja di Philippines, untuk apply visa turis Jepang di Philippines Cuma bisa dilakukan melalui travel agent. Kedutaan Jepang di philippines tidak menerima aplikasi langsung di kedutaan Jepang. Saya apply visa sekitar satu bulan sebelum keberangkatan, untuk tiket pesawat (PP) sudah saya beli duluan walaupun untuk syarat Visa tidak di minta untuk melampirkan tiket pesawat dan bukti booking hotel. Namun pada saat saya apply visa melalui travel agent saya tetap melampirkan tiket pesawat yang sudah saya beli duluan, dan juga bukti booking hotel (ini masih belum dibayar).

Japan Visa

Untuk syarat-syarat visa diatas adalah syarat apply visa Jepang kalo status kalian sedang bekerja di Philippines, apabila kalian apply Visa jepang pada saat di Indonesia, atau saat ini kalian memiliki visa kerja dinegara selain Philippines, maka kemungkinan dokumen-dokumen yang dibutuhkan akan berbeda. Untuk dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk apply visa Jepang, coba langsung ke website embassy Jepang ya. Seperti kalau di Indonesia apply visa Jepang bisa melalui VFS Jakarta, jadi dokumen apa saja yang dibutuhkan, bisa langsung menghubungi VFS ya.

Proses aplikasi visa Jepang ini lumayan gampang dan proses visanya hanya butuh waktu 3-5 hari kerja. Syukur visa Jepang saya mendarat dengan selamat di Passport Hijau tercinta.

Untuk biaya yang saya keluarkan untuk apply visa Jepang adalah biaya untuk minta bank statement sekitar php 150, biaya Visa php 1,350 , biaya pas foto sekitar php 150 dan biaya agen php 1,000 untuk dokumen yang lain semuanya gratis. Untuk biaya visa dan biaya agen kebetulan untuk travel agent yang saya gunakan mereka menerima pembayaran menggunakan Cash ataupun kartu kredit.

Kalau seandainya ada yang nanya, kenapa saya ngga ganti ke E-passport aja biar gampang ke Jepang, terus terang saya malas apply E-passport karena kelebihannya Cuma bisa ke Jepang saja, dan juga proses ke apply visa ke Jepang gampang, jadi rasanya tidak perlu untuk E-passport. Kalau emang saya mau bolak-balik ke Jepang, kan hanya perlu apply Visa Jepang multiple entry yang masa berlaku selama 5 tahun. Dan saya lebih memilih bolak-balik ke Eropa daripada ke Jepang, karena biaya hidup di Jepang dan biaya hidup di eropa tidak jauh beda.

Kemana aja sih selama di Jepang dan ngapain aja selama di Jerpang, bisa langsung ke bagian Pengalaman Liburan di Jepang ya.  Kalau kalian ingin tahu cara apply visa untuk negara-negara lain selain Jepang, kalian juga bisa langsung ke Cara apply visa untuk pemegang passport Indonesia.

FAQ:

  1. Q: Apakah perlu melampirkan tiket pesawat untuk apply visa Jepang?

A: Tidak perlu, tapi saya tetap melampirkan tiket pesawat yang emang sudah saya beli duluan.

  • Q: Apakah perlu melampirkan bukti booking hotel pada saat apply visa Jepang?

A: Tidak perlu, tetapi saya tetap melampirkan bukti booking hotel dengan status pay later

  • Q: Perlukah melampirkan bank statement untuk apply visa Jepang?

A: Tidak perlu,  kalau seadainya kalian apply visa di Philippines, kalian hanya perlu melampirkan bank certificate aja, yang isinya menjelaskan kalau kalian adalah nasabah aktif di bank tersebut dan memiliki tabungan sejumlah sekian.

  • Q: Apakah ada ketentuan minimal tabungan untuk apply visa Jepang?

A: Tidak ada, usahakan untuk bikin itinerary, sehingga kalian bisa tahu perkiraan biaya yang akan kalian habiskan mulai dari tiket pesawat dan semua total pengeluaran selama liburan di Jepang. Usahakan tabungan kalian lebih besar dari itinerary yang udah kalian buat.

Leave a Comment